home Lifestye 6 Ciri Ciri Awal Kehamilan

6 Ciri Ciri Awal Kehamilan

Ciri ciri awal kehamilan akan terjadi selama proses pembuahan, dimana tubuh wanita akan memproduksi sejumlah hormon yang berhubungan dengan kehamilan. Nah, hormon-hormon tersebutlah yang membuat beberapa perubahan fisik dan psikologis Anda. Harus diakui terkadang agak sulit membedakan gejala kehamilan dengan menstruasi karena ciri-cirinya agak mirip, karena itu untuk menghilangkan keraguan Anda, maka kami berikan informasi kepada Anda mengenai beberapa gejala awal kehamilan.

6 Ciri Ciri Awal Kehamilan

Bagi setiap pasangan yang baru menikah maupun yang sudah lama menikah masa kehamilan adalah sebuah momen yang istimewa, apalagi bagi wanita yang baru pertama kalinya memiliki anak, dan biasanya wanita akan mengalami beberapa perubahan fisiologis baik pada tubuh maupun sifatnya. Berikut ini 6 ciri ciri awal kehamilan saat memasuki minggu pertama, yaitu :

  • Pinggul terasa nyeri

Adanya proses implantasi atau penempelan sesuatu yang dulunya bukan bagian dari rahim, dan kemudian menjadi bagian dari rahim, membuat terkadang timbul rasa nyeri pada bagian pinggul.hal ini akan terus berlanjut sampai tiba saat melahirkan

Mengenali Tanda Awal Kehamilan

  • Temperature basal tubuh meningkat

Selama proses ovulasi dan kehamilan akan membuat temperature (suhu) basal tubuh mengalami peningkatan, karena itu Anda akan sangat mudah merasa gerah, gelisah, dan kepanasan. Pengukuran suhu basal pada tubuh juga bisa digunakan pada saat ingin mengetahui kapan masa subur dari seorang wanita.

  • Hipersaliva atau sering meludah

Meningkatnya produksi beberapa hormon yang berhubungan dengan proses kehamilan membuat cairan dalam tubuh meningkat, dan salah satu akibatnya tingginya keinginan untuk meludah (hiperlsaliva)

  • Terjadi perubahan bentuk tubuh pada bagian tertentu

Pada masa awal kehamilan bagian perut belum menunjukkan perubahan yang berarti, namun ada beberapa bagian tubuh yang mengalami perubahan seperti lengan, paha, dan payudara yang ukurannya akan lebih besar dari sebelumnya.

  • Sembelit

Meningkatnya produksi hormon progesterone pada awal masa kehamilan akan membuat otot-otot rahim lebih kendur , dan otot yang terletak di dinding usus juga membesar, sehingga mengakibatkan sembelit (susah buang air besar).

  • Ngidam

Diawal masa kehamilan terkadang tanpa alasan Anda tiba-tiba meminta makanan tertentu yang dulunya bukanlah makan yang Anda suka, atau malah sebaliknya, makanan favorit Anda tiba-tiba tidak Anda sukai. Begitupun dengan wangi-wangian, dimana ada beberapa bau tertentu yang sangat tidak Anda sukai ataupun sukai seperti : bau parfum ataupun masakan.

Nah, apakah Anda sedang mengalami beberapa hal dari 6 ciri ciri awal kehamilan diatas, atau malah merasakan hampir semua poin diatas. Kalau begitu kami ucapkan selamat!!, karena sudah 90% bisa dipastikan Anda sedang hamil. Namun untuk memastikannya sebaiknya Anda sebaiknya mengunjung dokter kandungan untuk melakukan pemeriksaan USG.

Satu hal yang paling penting untuk Anda ingat adalah Anak merupakan anugerah dari Sang Pencipta, karena itu berdoalah selalu agar diberikan kemudahan dalam melewati proses kehamilan sampai melahirkan, dan semoga informasi diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda mengenai ciri ciri awal kehamilan.

shares