home Lifestye Gaya Renang Seperti apa yang cocok untuk ibu hamil?

Gaya Renang Seperti apa yang cocok untuk ibu hamil?

Memang banyak sekali manfaat yang didapatkan melakukan olahraga renang bagi ibu hamil. Selain yang disebutkan di atas memang alangkah baiknya untuk melakukan renang bisa menggunakan instruktur agar hasilnya lebih maksimal. Renang memang dianjurkan untuk ibu hamil memang sih tidak wajib. Untuk melakukan renang juga terdapat gaya yang pada olahraga renang namun tidak semua gaya bisa dilakukan karena mungkin berbahaya bagi ibu hamil. Apa saja gaya renang yang baik bagi ibu hamil seperti :

Gaya Dada

Gaya dada gaya ini termasuk gaya dasar dalam olahraga renang. Gaya yang memang sering sekali dipakai oleh sebagian orang. Gaya dada tidak memerlukan tenaga yang terlalu banyak sehingga anda tidak mudah lelah. Untuk melakukan gaya dada anda tidak memerlukan gerakan berlebihan pada pinggul dan perut. Ketika melakukan gerakan menendang untuk gaya dada sebaiknya lakukan dengan pelan-pelan. Jangan terlalu kuat dan jangan di sentak ketika melakukan gerakan menendang ke belakang.

Tips Olahraga Renang Untuk Ibu Hamil

Gaya ini membantu melatih pernapasan caranya pertama dengan mengambil nafas ketika kepala muncul ke permukaan kemudian buang nafas ketika berada dalam air. Peredaran darah yang kurang lancar akan membantu anda dengan gaya dada ini. Dengan melakukan gerakan kaki berirama tentu akan mengurangi risiko kaki bengkak akibat kurang lancarnya peredaran darah. Selain itu dapat melatih otot tangan ketika tangan sedang mengayuh dan juga dapat melenturkan otot-otot yang kaku.

Gaya Bebas

Gaya berikutnya yaitu gaya bebas, gaya ini juga tidak memerlukan tenaga yang begitu kuat pada perut dan pinggang. Kaki tidak perlu menghentak begitu kuat biasa saja sesuaikan degan kekuatan anda. gerakan tangan dapat membantu anda menguatkan otot-otot tangan, punggung serta bahu. Gerakan tangan ini biasanya memutar dengan bergantian.

Gaya bebas dapat membantu anda melatih pernafasan pada waktu proses persalinan. Anda akan lebih siap ketika menghadapi persalinan karena sudah terlatih pada melakukan olahraga renang dengan gaya bebas.

Gaya Punggung

Gaya ini tidak di anjurkan bagi anda yang belum menguasai gaya panggung. Untuk melakukan gaya ini sebaiknya pada pertengahan trimester kedua usia kehamilan. Maksimal sampai trimester ketiga hal ini dilakukan agar dapat mengatasi pertumbuhan bobot pada bagian lainnya. Posisi ini telentang pada permukaan air akan membuat anda rileks. Selain itu gerakan tangan memutar ke belakang akan membuat anda lebih melatih otot tangan, bahu serta punggung. Sedangkan gerakan kaki tidak perlu berlebihan dan bisa menyesuaikan dengan kekuatan anda saja. Jangan terlalu cepat agar tidak mudah capek.

Beberapa hal yang perlu di hindari pada renang untuk ibu hamil yaitu gaya kupu-kupu. Gaya ini sebaiknya jangan di coba karena gaya kupu-kupu melakukan banyak hentakan pada bagian pinggang serta pinggul. Selain itu gaya kupu-kupu banyak menggunakan tenaga pada otot perut sewaktu mengambil nafas dan mengangkat badan. Gerakan dengan gaya kupu-kupu di khawatirkan akan berakibat pada janin. Demikian tips kali ini tentang renang untuk ibu hamil semoga bisa bermanfaat.

shares