home Kesehatan Yuk Ketahui Tentang Pola Tidur Sehat

Yuk Ketahui Tentang Pola Tidur Sehat

Kebiasaan jam tidur tiap orang memang berbeda-beda. Kenyatannya ada orang-orang yang memiliki jumlah jam tidur sedikit, yaitu hanya 4-5 jam tidur saat malam hari.Kebiasaan ini terkait dengan pekerjaan orang tersebut.Pada sebagian besar orang membutuhkan waktu tidur selama 7-9 jam.Dengan deniikian kecil kemungkinannya jika seseorang tidur dalam waktu yang relatif singkat tanpa mengalami gangguan kesehatan.

Tidak jarang, pada hari libur kita bangun lebih siang dari biasanya. Jam biologis manusia bermula ketika bangun tidur. Jika hal ini terganggu atau bergeser, dapat mengganggu jam tidur selanjutnya. Normalnya jam tidur manusia hanya dibolehkan bergeser plus atau minus 1 jam. Misalnya, kita setiap hari bangun jam 5 siang, tidak boleh Iebih dari jam 6. Jika malamnya kita begadang, sebaiknya tak bangun terlambat atau lebih dari jam 6. Pola ini membiasakan agar kita tidak terus-menerus selalu merasa kurang tidur.

Demikian sebaliknya, jika terbiasa bangun jam 5 dan pada suatu ketika ingin bangun lebih awal, paling tidak kita bangun jam 4, sebaiknya tidak bangun kurang dari jam empat.Untuk kompensasinya dengan mengganti waktu tidur yang kurang, kita bisa tidur lebih awal atau tidur siang sebentar di siang hari (tidak lebih dari 30 menit).

Pola Tidur Sehat.jpg

 

Lama jam tidur sebenarnya relatif. Ahli di Jepang pernah melakukan peneitian dan membuktikan bahwa orang yang tidur 7-9 jam sehari, umurnya lebih panjang.Pada kenyataannya, tidak sedikit orang dengan jam tidur sedikitI atau tidur yang lebih lama, tapi tetap sehat.

Semakin Tua Usia Kebutuhan Tidur Seseorang Semakin Sedikit

ketika masih kecil, pasti ada di antara kita yang pernah melihat kakek atau nenek yang sudah bangun sebelum subuh kemudian membersihkan rumah dan menyiapkan sarapan yang lezat. Menimbulkan kesannya seolah.-olah orang yang sudah tua tidak membutuhkan tidur seperti orang dewasa lainnya.Manusia butuh tidur 7-9 jam sehari. Sebenarnya, orang tua membutuhkan tidur yang sama banyaknya dengan orang dewasa lainnya.

Pola tidur mereka sering terganggu karena mereka terbangun pada malam hari. Namun demikian, jumlah jam tidur yang mereka butuhkan tidak berkurang dengan usia yang bertambah. Apabila para orang tua bangunnya lebih pagi dibanding orang muda itu karena mereka tidur relatif lebih cepat.

shares